Tumbuhkan Bibit Olahragawan Basket Indonesia bersama NBA

Posted on

Untuk liga basket terbaik di dunia, NBA tetap berupaya cari terobosan-terobosan baru. Tidak sebatas meningkatkan liga, pemain, serta fansnya, NBA tetap berupaya memperlebar peningkatan komune (community development) mereka di luar Amerika Serikat serta Kanada.

NBA juga sudah menginisiasi banyak program buat mencapai beberapa fans mereka lebih luas lagi. Pertama, ada NBA Global Games yang telah dikerjakan di benua Afrika, Eropa, serta Asia. Lantas, ada pula program Basketball Without Borders (BWB), program peningkatan basket dan penjangkauan global NBA serta FIBA. Program BWB juga sudah membuahkan beberapa nama pemain NBA, yaitu Nikola Mirotic, Dragan Bender, R.J. Barrett, sampai calon ruki NBA musim depan Deni Avdija.

Selain dua program itu, NBA dengan cara persisten memperlihatkan komitmennya dalam menggerakkan serta meningkatkan generasi muda yang lebih sehat dan aktif lewat bola basket dengan mendatangkan program Jr. NBA.

Semenjak dikerjakan di tahun 2014, Jr. NBA Indonesia sudah mencapai lebih dari 16,5 juta beberapa anak lelaki serta wanita di Tanah Air, mengajari ketrampilan landasan serta nilai-nilai penting Jr. NBA, yakni Sportsmanship (sportivitas), Timwork (kerja sama), a positive Attitude (sikap positif), serta Respect (sama-sama menghormati), atau yang dipersingkat jadi (S.T.A.R.).

Selain itu, NBA membuat Akademi Pelatih Jr. NBA (Jr. NBA Coaches Academy)

Satu program training guru-guru olahraga yang dibantu pemda dengan standard kelas dunia yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan kekuatan lokal dengan mengajari ketrampilan landasan, pendidikan, serta latihan pengondisian bola basket. Program ini telah berjalan semenjak 2018.

Sampai sekarang ini, Jr. NBA Coaches Academy sudah latih lebih dari 52.000 guru dari 41.000 sekolah di 25 kota serta propinsi di Indonesia seperti Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, serta Sumatera Selatan.

Belakangan ini, Jr. NBA Coaches Academy diadakan dengan cara daring pada 10 – 11 September kemarin. Epidemi Covid-19 ini memberi rintangan dalam beraktivitas fisik di luar rumah, tapi session daring Jr. NBA Coaches Academy sudah memperlengkapi guru dengan pengetahuan, ketrampilan, serta tehnik untuk mengajar bola basket secara kreatif.

“Pelajaran olahraga cukup susah untuk dilaksanakan dengan cara virtual, khususnya saat beberapa murid tidak memiliki bola basket serta lapangan. Tetapi, beberapa pelatih Jr. NBA memberikan keyakinan kami, beberapa peserta, untuk cari inspirasi baru serta share tehnik latihan bola basket yang bisa dilaksanakan di dalam rumah, seperti latihan ball handling dengan botol minum serta tehnik tembakan walau tanpa ada bola,” jelas Syahrul, Guru Pendidikan Jasmani SMP Perwira Jakarta.

Pada serangkaian training yang berjalan semasa 2 hari itu, lebih dari satu.300 guru SD, SMP, serta SMA di Jakarta memperoleh beberapa ketrampilan serta latihan yang bisa di ajarkan ke muridnya

Selain itu, NBA serta Tahir Foundation, satu organisasi amal yang mempunyai tujuan untuk menolong individu serta warga yang memerlukan di bagian pendidikan serta kesehatan, memberitahukan 13 pelatih serta guru yang memenangi Jr. NBA Indonesia Coaches Academy Loyalty Contest 2020 di Indonesia. Semasing juara akan terima beasiswa Jr. NBA Tahir Foundation untuk memberikan dukungan keperluan pendidikan serta/atau pembinaan.

 

 

“Kami konsentrasi untuk memberikan pola hidup aktif di golongan remaja Indonesia lewat olahraga sambil pastikan kesehatan

serta keamanan warga dengan membuat Jr. NBA Coaches Academy dengan cara daring,” jelas NBA Asia Associate Vice President of Pemasaran Partnerships, Jim Wong.

“Walau epidemi ini jadi rintangan untuk mengadakan session latihan di atas lapangan dengan cara langsung,

kami memiliki komitmen untuk selalu cari langkah baru untuk menyertakan beberapa pelatih serta guru-guru

untuk usaha untuk meningkatkan olahraga basket di Indonesia,” lebih Jim Wong.

Epidemi ini memberi efek luas pada beberapa faktor kehidupan beberapa orang. Tetapi, NBA masih memberi training serta beberapa cara baru

buat guru-guru olahraga untuk mengajari beberapa dasar bola basket ke semua remaja Indonesia pada keadaan semacam ini.

Guru yang berminat untuk ikuti program ini, bisa terhubung materi evaluasi di situs resmi www.jrnbaasia.com atau mengambil aplikasi Jr. NBA Coach pada Google Play Store serta Apps Store.

Untuk info lebih lanjut mengenai Jr. NBA Asia, turuti kami di Facebook (@JrNBAIndonesia) serta Instagram (@jrnbaasia).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *