Tiga Turnamen Asia Diundur, Ini Reaksi PBSI

Posted on

Badminton World Federation (BWF) resmi tunda tiga turnamen Asia sampai Januari tahun kedepan. PBSI memandang ini bikin rugi beberapa olahragawan.
BWF putuskan untuk menggeser jadwal Asia Open I serta Asia Open II, dan BWF World Tur Final sesudah lakukan rapat dengan dewan pada Kamis (24/9/2020). Rapat itu memutuskan penyelenggaraan tiga turnamen Asia itu berguling Januari tahun kedepan, dari sebelumnya November 2020.

Mereka menunjuk Thailand untuk tuan-rumah. Dengan ketetapan itu, team Merah Putih ringkas tanpa turnamen sampai akhir tahun. Ditambah sesudah PBSI putuskan tidak kirim atletnya ke Denmark Open pada 13-18 Oktober, sebagai turnamen penutup tahun.

Walau bikin rugi beberapa pebulutangkis yang kehilangan turnamen untuk jaga keadaannya

PBSI menyadari ketetapan itu ditengah-tengah situasi epidemi virus corona sekarang ini.

“Kami memandang ketetapan ini di antara sayang dengan tidak sayang ya. Sebab jika disayangkan bermakna tahun ini tidak ada turnamen. Jadi buat pemain yang tidak kelamaan berlaga dapat bikin rugi. Berarti bikin rugi dengan cara tehnis serta nonteknis,” kata Sekretaris Jenderal PBSI, Achmad Budiharto, ke detikSport, Sabtu (26/11/2020).

“Tetapi di lain sisi, kami pahami, BWF saat ini kemungkinan berhati-hati sekali berkaitan keselamatan serta kesehatan beberapa atletnya, stakeholdernya,” sambungnya.

Tidak cuma tanpa ada turnamen, dampak perkembangan jadwal oleh BWF membuat nasib Indonesia Masters, yang umumnya diadakan setiap Januari jadi tidak tentu.

“Saya tidak paham nasib Indonesia Masters bagaimana. Karena, BWF belum keluarkan jadwal, jadi kami belum dapat protes. Terkecuali telah dipublikasikan,” tuturnya.

Budiharto meramalkan Indonesia Masters tidak digelar awal tahun 2021. Ditambah lagi, sesudah BWF berusaha untuk mengadakan turnamen dipusatkan pada satu negara.

“Pertimbangannya hindari peralihan olahragawan, serta hindari karantina olahragawan. Jika banyak karantina, jadi beberapa waktu terbuang. Tetapi tentu BWF pikirkan yang terbaik,” tutupnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *