Menpora: Venue PON Harus Dirawat, Siapa Tahu Dapat Gelar Olimpiade 2032

Posted on

 

Menpora Zainudin Amali sudah lakukan inspeksi ke lokasi pembangunan Sumut Sport Centre. Venue baru diinginkan tetap digunakan bahkan juga sampai Olimpiade 2032.
Lawatan Zainudin Amali ini dalam rencana dipilihnya Aceh dan Sumatra Utara jadi tuan-rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024. Pembangunan langsung ditangani sesudah kejelasan itu yang diantaranya ialah Sumut Sport Centre, di Dusun Sena, Tangkai Kuis, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Zainudin Amali mengharap Sumut Sport Centre dibuat sama standard internasional. Tetapi janganlah lupa untuk memperhatikan perawatan yang umumnya lepas sesudah ajang PON usai.

“Semangat dari Pemprov Sumut pasti kita animo. Kemenpora RI menghargai apa yang dipersiapkan dengan benar-benar sekalian mengantisipasi perawatan saat PON-nya telah dipersiapkan ,” kata Zainudin Amali dalam keluarkan Kemenpora.

 

Di sejumlah tempat banyak terlantar venue dan pondokan olahragawan yang awalnya dipakai untuk PON, seterusnya jadi beban wilayah

Saya peringatkan Pemprov Sumut dan Aceh supaya diperhitungkan dan dipersiapkan lebih awalnya,” katanya menambah.

Kadispora Sumut Bahar Siagian sampaikan teritori Sumut Sport Center akan dibuat di tempat selebar 300 ha di Dusun Sena, Tangkai Kuis, Deli Serdang, Sumatera Utara yang nanti bisa menjadi simbol kebanggaan Sumut yang keempat. Idenya sendiri ada 3 zone.

Di tempat selebar 300 ha nanti akan dipisah beberapa zone yaitu zone olahraga yang diutamakan untuk teritori olahraga seperti venue yang melingkari stadion khusus, ke-2 yaitu zone pendukung, nanti bakal ada plaza, teater boulevard, mushola, arena bermain hingga dapat untuk warga piknik. Zone paling akhir yaitu zone komersil yang akan dibuat tempat rapat, convention hall dan exhibition hall, mall, hotel dan RS internasional,” terang Bahar.

“Mengapa kita untuk beberapa zone, kita melihat dari wilayah yang lain membuat teritori olahraga untuk event nasional dan internasional

tetapi sesudahnya mati suri tidak terurus sebab ongkos perawatannya tinggi. Karena itu, kelak zone komersil dan pendukung yang lain dapat berperan untuk menjaga seluruh venue

yang ada yang juga terakomodir untuk NPC atau untuk olahragawan berkebutuhan spesial,” katanya.

Siapa tahu venue sisa PON XXI dapat dipakai untuk Olimpiade 2032 di mana Indonesia punya niat jadi tuan-rumah.

Keinginan Indonesia mengadakan Olimpiade 2032 telah memperoleh suport dari Presiden RI Joko Widodo. Karena itu, Menpora memberi pesan supaya venue-venue yang dibuat untuk PON tidak ditelantarkan.

“Mudah-mudahan pembangunan venue di Sumut Sport Center ini bukan hanya diperuntukkan untuk tuan-rumah PON saja. Tapi, untuk tuan-rumah even-even internasional yang lain,” sebut Zainudin Amali.

“Saya benar-benar sama pendapat ini dibuat sama standard internasional. Jadi tanyakan dengan federasi-federasi internasionalnya. Seluruh venue yang akan dibuat harus bekerjasama dan ditanyakan dengan liga internasionalnya,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *