19 Tahun Lalu, Rossi Capai Gelar Juara Dunia Pertama kalinya di Kelas Premier

Posted on

 

Valentino Rossi jadi salah satunya kejadian di milenium baru gelaran balap motor. 19 tahun kemarin, The Doctor jadi juara dunia kelas premier untuk pertama-tama.
Sesudah jalani kiprah yang bagus di kelas 500cc, Rossi tampil kembali sip pada musim kedua-duanya. Bahkan juga, ia sukses jadi juara dunia bersama team Nastro Azzurro Honda.

Rossi menutup titel juara dunia di balapan MotoGP Australia. Ia memenangkan pertempuran sengit dengan Max Biaggi untuk menjadi juara pada musim 2001.

Dalam balapan di Phillip Island di 14 Oktober 2001, Rossi menyantap lap dengan catatan waktu 42 menit 22,383 detik. Ia lebih cepat 0,013 detik dari Biaggi, yang berada di urutan ke-2.

Rossi mencatat rekor jadi juara dunia dengan perolehan 325 point. Ada 11 seri yang dimenangkan Rossi, dari keseluruhan 16 balapan yang diadakan pada musim 2001.

Hampir 2 dasawarsa meniti karier di kelas premier gelaran balap motor, sampai sekarang Rossi telah 351 balapan di kelas premier. Ia telah mencatat 89 kemenangan di MotoGP.

Ada 7 titel juara dunia yang telah dimenangkan Rossi. Titel juara dunia paling akhir didapatkan di musim 2009.

Dalam beberapa musim paling akhir, Rossi sulit berkompetisi di MotoGP. Akhir kali jadi juara seri dijangkau di MotoGP Belanda 2017.

Rossi telah tidak berhasil finish 3x berturut-turut di MotoGP 2020. Dengan kesuruhan, Rossi telah 4 kali tidak sanggup mengakhiri balapan dari 9 seri yang telah diadakan musim ini,

MotoGP akhir pekan ini akan tampilkan balapan di Aragon. Rossi belum pernah mencatat kemenangan waktu membalap di MotoGP Aragon.

“Di atas kertas, balapan-balapan itu akan sulit buat saya. Untuk alasan itu, akan penting untuk dapat bersaing. Itu bisa menjadi rintangan. Ada 5 balapan sisa sampai akhir kejuaraan dunia serta saya akan mengeluarkan kekuatan terbaik,” kata Rossi di GP One.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *